Watoe Gembel

Obyek Wisata Watoe Gembel adalah kawasan yang dikembangkan oleh Komunitas Lingkar bersama masyarakat pengelola hutan sebagai kawasan wisata, khususnya bagi para peminat dan pecinta lingkungan. Obyek Wisata ini merupakan salah satu bagian dari Kawasan Taman Wisata Terpadu Hutan Kemasyarakatan (HKm) Kulon Progo.

Kawasan yang berada di Dusun Girinyono, Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo ini jaraknya cukup dekat dengan Kota Wates (Ibukota Kabupaten Kulon Progo), yakni hanya sejauh kurang lebih 8 km, atau hanya membutuhkan waktu  kira-kira 20 menit dengan kendaraan bermotor. Akses jalan menunju lokasi ini sudah sangat bagus, beraspal, dan relatif aman untuk kendaraan.
Nama “Watoe Gembel” diambil dari kondisi kawasan Hutan Lindung yang memang dipenuhi oleh batu-batuan gunung (watu=Jw) yang ukurannya sangat besar dan berbentuk “gembel” (menyerupai bulu kambing gembel/biri-biri). Konon batuan ini merupakan batuan vulkanis yang sudah terbentuk selama ribuan tahun yang lalu.
Bebatuan dengan ukuran yang luar biasa besar bisa ditemui di beberapa titik kawasan. Batuan ini tertanam secara alami dan tersusun dengan rapi sehingga memberikan kesan dan pesona tersendiri ketika kita melihat, melintasi, atau duduk-duduk di atasnya. Batuan ini juga memenuhi alur sungai yang membelah kawasan, sehingga mampu membentuk suatu pemandangan yang indah dan eksotis.
Keindahan kawasan ini semakin lengkap oleh rapatnya tegakan/tanaman hutan dengan ukurannya yang besar-besar dan tumbuh subur, dengan tajuknya yang rapat, sehingga mampu memberikan suasana teduh, sejuk, nyaman dan segar tatkala berada di dalamnya. 

Suasana akan semakin mengesan dan membuat siapapun akan lebih betah berlama-lama seiring dengan terdengarnya gemericik air sungai pegunungan yang terus mengalir melewati bebatuan, ditingkahi merdunya kicauan aneka burung liar, sesekali terdengar lengkingan kokok ayam hutan, ditambah hiruk-pikuk nyanyian serangga hutan.
Semilir lembut hembusan angin pegunungan, menambah irama dan senandung alam menjadi semakin apik, rancak, serasi dan harmonis di kawasan ini.

Lokasi ini sangat cocok untuk kegiatan rekreatif, seperti:
- Outbound Training
- Wisata Petualangan
- Bersepeda Gunung
- Atraksi Motor Trail
- Trekking 
- Panjat Tebing
- Fotografi
- Camping - Makrab
- Dan kegiatan luar ruangan lainnya.

Contact Person:
Suroto (083-867-461-835)
Kiman (0878-7744-2212)